Sistem Kerja Dinamo Starter

Didalam sebuah mesin mobil, dinamo starter bisa dijadikan sebuah komponen yang pastinya tidak kalah pentingnya dan sangat vital sekali peranannya. Mulai dari ketika mobil itu sendiri dinyalakan, dinamo starter sudah mulai bekerja sebagai penggerak yang mana bisa memutar roda dan menghidupkan mesin. Pertama kali dinamo starter mempunyai fungsi memutar mesin dengan bersamaan ditemukannya stater yang membuat kita sudah tidak perlu lagi untuk menghidupakan mobil dengan mendorongnya.


Berikut ini adalah bagaimana cara kerja dinamo starter didalam sebuah mesin mobil :

Pull-in-coil dapat membuat kontak terhubung dengan terminal 30 dan juga terminal c bila arus listrik hingga ke ground. Berarti tak ada jalur yang terputus pada pull-in-coil hingga ke ground, namun bila arus listrik putus barangkali dikarenakan karbon brush yang habis terdapat sebelum saat serta setelah armature, pull-in-coil tak lagi bekerja serta dinamo starter tak lagi akan berkerja. Sinyal untuk mobil yang dengan relay stater, cuma dapat terdengar setelah adanya kontak relay stater yang terhubung pada waktu stater namun dinamo stater tidak bekerja dengan baik, ini bila karbon brush habis. Pada keadaan normal sesudah pull-in-coil membuat kontak sekalian plunger serta shift lever mendorong pinion untuk menghubungkan putaran dinamo starter dengan flywheel, dengan elektrikal tersebut kearah aliran arus listriknya. Sesudah kontak selenoid atau terminal 30 serta terminal c menjadi terhubung, pull-in-coil tidak akan bisa bekerja lagi dikarenakan suatu tegangan atau voltase pada terminal 50 dengan terminal c yang tentunya nyaris sekali sama persis. Waktu dinamo starter memutar flywheel, hold-in-coil menjadi fungsi utama untuk menahan kontak untuk terhubung dengan terminal 30 serta dengan terminal c dan menahan gigi pinion yang memutar flywheel , hingga mesin hidup.

Itulah kurang lebih cara kerja daripada dinamo starter yang tentunya terbilang cukup sulit untuk dimengerti oleh kaum awam yang baru saja mengenal dunia otomotif namun sebenarnya jika kita sudah mengetahui seluk-beluk dan bagaimana dinamo starter itu bekerja maka akan terlihat bahwa cara kerja daripada dinamo starter merupakan cara sistem yang cukup sederhana.